8 Alasan Memilih Taman Botani Sukorambi Jember Menjadi Destinasi Wisata Ketika Libur Lebaran bersama Keluarga

tiket-taman-botani-sukorambi-cover

Martabak Bunder-“Tiket-nya mahal, Ndug. Nanti di dalam nggak usah jajan ya…”, Kata Bapak sembari menggegam tangan saya dengan hangat, serta melihat bola mata saya dengan memohon untuk mengabulkan permintaan Beliau.

Saya teringat kenangan bersama Bapak ketika masih berumur 6 tahun. Saya sangat senang dan merasa bahagia ketika bapak mengajak saya untuk mengunjungi tempat wisata. Hal yang sangat jarang dilakukan keluarga kami. Bagaimana tidak, berekreasi merupakan kebutuhan tersier yang hanya bisa dilakukan ketika Bapak mempunyai cukup uang untuk mengajak kami berwisata dan momen itu selalu ketika bertepatan saat lebaran tiba.

Jarak tempuh destinasi wisata yang jauh dari pusat kota yang merupakan tempat tinggal kami serta mahalnya harga tiket masuk sebuah tempat wisata menjadi alasan utama kami jarang melakukan kegiatan wisata. Aktivitas rekreasi pun kadang dibarengi dengan sulitnya pilihan menentukan tujuan.

Keluarga dengan banyak anak, membuat kesukaan tiap kepala berbeda. Ibu yang lebih suka dengan tempat wisata yang sepi, sejuk dan lebih alami, kakak laki-laki saya yang lebih suka berenang, dan saya yang sangat senang melihat hewan-hewan lucu. Bapak menjadi kelimpungan, karena kesulitan menentukan tempat tujuan apalagi ketika musim libur lebaran tiba.

Memori indah itu tetap berada di hati saya. Suatu saat apa saya akan merasakan apa yang Bapak lakukan membawa keluarga kecilnya untuk berwisata?, meskipun keadaan finansial yang tidak mumpuni. Mungkin ini tidak hanya terjadi di keluarga saya. Banyak keluarga kecil yang mendambakan tujuan tempat wisata yang lengkap dan memenuhi keinginan tiap anggota keluarganya, dengan tiket yang murah.

“Ada tidak ya? Tempat wisata waktu libur lebaran yang mempunyai tiket masuk murah? Dengan fasilitas dan wahana wisata lengkap?” 😂😂

“Gak ada lah Rin, sekarang dimana-mana itu serba mahal, mau murah ya di rumah aja lah! Nonton tipi!”. Ucap salah satu teman, ketika saya melemparkan pertanyaan di atas.

Beberapa tahun setelahnya, Saya menikah, dan hijrah ke kabupaten Jember. Kehidupan baru dan berbeda dari kota asal saya pun dimulai. Kabupaten Jember sendiri merupakan salah satu Kabupaten dari Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: 5 Alasan yang bikin Betah di Desa

Setelah beberapa tahun pernikahan dan hijrah ke Kabupaten Jember. Saya menemukan berbagai kearifan lokal, serta banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi di sini. Pertanyaan yang dulu saya lontarkan ke teman, akhirnya terjawab juga. Ya, saya menemukan tempat tujuan wisata yang saya inginkan dan mungkin diidamkan banyak keluarga kecil. Dimanakah itu?

tiket-taman-botani-sukorambi-5.png

Yap! Taman Botani Sukorambi! Taman Botani Sukorambi merupakan Taman Wisata Alam yang berada di Kabupaten Jember, yang dipelopori oleh Bapak Haji Abdul Kahar Muzakir. Destinasi Wisata satu ini sudah mengalami transformasi besar-besaran setelah saya terakhir kali melakukan kunjungan bersama keluarga ketika lebaran dua tahun yang lalu.

Dahulu, ketika pertama kali mendengar nama tempat wisata ini. Saya hanya berkomentar sekenanya,

“Haduh, mas.. Bosenlah awak ni, Taman Botani sudah sering kali, istrimu ini anak Biologi yang kalau Kuliah Kerja Lapangan, pasti melipirnya ke sana!”

Taman Botani dalam benak saya adalah Destinasi yang dipenuhi dengan beragam jenis tanaman layaknya kebun Raya, mulai dari mikroflora maupun makroflora, dan hanya tersedia tempat duduk untuk pegunjung, serta beberapa papan identifikasi tanaman mulai dari ordo, famili hingga spesies. Dan saya pasti akan sedikit bosan karena pekerjaan saya waktu kuliah dan skripsi terlalu sering mengidentifikasi tanaman.

Kata-kata saya itu langsung terbantahkan, Apalagi setelah beberapa minggu yang lalu. Saya dan suami kembali berkunjung ke sana. Ketakjuban akan perubahan dan inovasi hebat dari manajemen Taman Botani Sukorambi membuat saya langsung jatuh cinta dengan destinasi wisata jember satu ini. Yuk, mari disimak beberapa poin penting yang membuat Taman Botani Sukorambi patut menjadi pilihan untuk berwisata ketika Libur Lebaran di kabupaten Jember.

 

LOKASI STRATEGIS

Saya berangkat dengan mode transportasi sepeda motor dari Kecamatan Balung, hanya butuh 30-40 menit untuk sampai ke Lokasi Taman Botani Sukorambi, Kabupaten Jember. Jika berada di pusat kota Kabupaten Jember, kalian hanya butuh sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi. Taman Botani Sukorambi terletak di Jalan Mujahir, Sukorambi, Kabupaten Jember.

Medan yang ditempuh menuju lokasi pun terbilang mudah dan tidak terlalu sulit. Bahkan untuk berbagai macam alat transportasi, seperti bus, mobil pribadi, dan sepeda motor.

Mudah untuk menemukan lokasi Taman Botani Sukorambi ini, Terdapat Baliho besar yang terpasang di bagian pintu masuk Lokasi.

tiket-taman-botani-sukorambi-22365675675

 

 

HARGA TIKET TAMAN BOTANI SUKORAMBI MURAH & TERJANGKAU

Dilema ketika liburan lebaran tiba yakni, harga tiket masuk destinasi wisata akan meroket tajam. Dikarenakan antusias masyarakat yang memanfaatkan momen lebaran bersama keluarga. Banyak destinasi wisata yang membandrol harga tiket masuk hingga mencapai 100.000/orang. Subhanalloh mahal banget yaa! Harga yang sangat miris bagi keluarga yang ingin berwisata namun budget minimalis. *sigh*

ALHAMDULILLAAH, statement di atas terbantahkan ((( TERBANTAHKAN ))) lagi dengan hadirnya Taman Botani Sukorambi.  Menurut saya, harga tiket Taman Botani Sukorambi ini terbilang merakyat dan murah hati. Berikut Harga tiket Taman Botani Sukorambi yang dapat dijadikan referensi sebelum berkunjung ke sana.

Weekdays: Rp. 12.000,00/orang

Weekend/Hari Libur Nasional: Rp. 20.000,00/orang

 

FASILITAS LENGKAP

Membicarakan Kawasan Wisata pastinya juga membicarakan fasilitas yang tersedia, bukan? Berikut beberapa fasilitas yang berhasil saya dan suami nikmati dengan hati puas, karena Taman Botani Sukorambi menyediakan fasilitas mumpuni bagi pengunjung.

  • Area yang Luas

Area Taman Botani Sukorambi sangat luas, yaitu sekitar 12 hektar. Kawasan yang luas ini pastinya dapat menampung traffic pengunjung yang lumayan tinggi ketika Libur Lebaran tiba. Hal ini juga membuat pengunjung menjadi nyaman tanpa harus berdesak-desakan satu sama lain ketika berada di lokasi Taman Botani Sukorambi.

  • Jam Operasional

Keunikan Taman Botani Sukorambi adalah menyangkut jam operasional. Jika mayoritas destinasi wisata membuka jam operasionalnya mulai pukul 10.00 WIB, tidak dengan tempat wisata satu ini. Kita bisa menikmati seluruh paket wisata dan fasilitas di Taman Botani Sukorambi lebih awal yakni pukul 07.00-16.00 WIB. Wah, jadi bisa menyenangkan buah hati lebih awal, ya?

Selain Jam operasional, keunikan lain yaitu Taman Botani Sukorambi buka setiap hari dan hari libur, kecuali pada hari JUMAT tutup. Jadi, jangan sampai salah hari ya? Kalau tidak mau untuk kecewa.

  • Tempat Parkir Luas, Aman & Nyaman

Tenang saja! Tidak perlu mengkhawatirkan tempat parkir, Taman Botani Sukorambi menyediakan parkiran yang sangat luas. Terdapat tiga macam tempat parkir, yaitu yang berada di bagian depan yaitu tempat Parkir untuk Bus, dengan penataan yang apik. sehingga memudahkan Bus untuk masuk dan keluar dari area parkir.

Tempat Parkir mobil dan mini bus pun terpisah dari tempat parkir Bus yang berada di depan. Tempat parkir mobil berada setelah kita memasuki loket masuk. Akses jalan menuju ke tempat parkir juga sudah bagus dan diratakan dengan batuan kecil. Terdapat banyak pohon rindang dan terawat menaungi lahan parkir mobil. Keadaan ini menjadikan suasana menjadi sejuk dan tidak membuat terik matahari langsung mengenai mobil.

Yang terakhir adalah lahan parkir sepeda motor. Bangunan seperti Gazebo dikelilingi oleh banyak pohon. Menjadikan area parkir sepeda motor sejuk serta aman bila cuaca hari itu tidak mendukung seperti hujan atau terik panas matahari.

  • Restoran & Snack Corner

Terdapat Restoran di Area kolam renang, dan beberapa snack corner/kantin yang terdapat di dalam kawasan Taman Botani Sukorambi. Fasilitas ini memudahkan para pengunjung ketika sedang kelaparan saat menikmati liburan di Taman Botani Sukorambi. Restoran dengan konsep outdoor berbentuk saung yang didominasi oleh dekorasi bambu, membuat suasana semakin nyaman. Menu yang disajikan pun beragam dan khas.

Adapun Snack Corner, di beberapa titik. Saya mengunjungi salah satu Snack Corner yang dekat dengan lokasi jalanan turun menuju kolam renang. Ada beberapa kursi untuk pengunjung menikmati sekedar minuman ringan atau snack bagi anak-anak. Desain alami atap rumbai dari daun tebu, membuat hati menjadi sejuk dan sejenak beristirahat sembari melanjutkan perjalanan di wahana lain. Berlibur senang perut pun kenyang 😀

  • Area Gratis Wi-fi

Fasilitas yang membuat pengunjung generasi millenial betah berlama-lama disini. Fasilitas nomor satu yang paling didambakan banyak orang. Pada Area seluas delapan hektar kita dapat mengakses Wi-fi dengan gratis. Jadi, sudah siap untuk live streaming di Instagram dan Facebook, membagikan keseruan dan kehebohan ketika berlibur di Taman Botani Sukorambi?

  • Aneka Gazebo & Pondok

Taman Botani Sukorambi menyediakan banyak Gazebo dengan berbagai macam fungsi, mulai dari gazebo untuk bersantai, gazebo untuk menunggu anak yang sedang berenang, gazebo untuk berbagai acara gathering. Ini membuktikan bahwa Taman Botani Sukorambi sangat memperhatikan kenyamanan para pengunjungnya.

tiket-taman-botani-sukorambi-4567832

Saya dapat menjamin bahwa ketika pengunjung berada di kawasan Taman Botani Sukorambi, pengunjung tidak akan kehabisan tempat untuk beristirahat saat mengitari lokasi wisata. Tata letak gazebo, desain tiap gazebo yang  unik dan luas juga sudah beralaskan keramik. Kondisi yang bersih serta sejuk karena semilir angin menjadikan pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar.

tiket-taman-botani-sukorambi-2345665

tiket-taman-botani-sukorambi-78787887

 

  • Kamar Mandi, Toilet & Wastafel

Jumlah Kamar Mandi dan Bilas di tiap kolam renang yang banyak menjadikan pengunjung tidak kebingungan atau menunggu lama untuk mengantri.  Ada berbagai macam kamar mandi dan toilet baik yang biasa maupun yang VIP dan yang paling penting, baik kamar mandi & toilet terpisah antara perempuan dan laki-laki.

tiket-taman-botani-sukorambi-34567324

Saya juga melihat beberapa wastafel di area terbuka dengan desain unik dari batu terlihat menyatu dengan alam sekitar di kawasan Taman Botani Sukorambi. Wastafel merupakan hal penting bagi pengunjung. Dengan adanya wastafel pengunjung yang membawa anak kecil, akan merasa aman ketika memerlukan wastafel untuk membersihkan tangan, atau sekedar hanya untuk mencuci muka.

  • Vila Botani

Tidak puas hanya mengitari Taman Botani Sukorambi seharian? Pengunjung dapat menyewa vila yang disediakan oleh Pihak Manajemen Taman Botani Sukorambi. Vila Botani terdapat di bagian strategis dekat dengan area kolam renang. Desain Vila yang hommy dan nyaman serta artsy terbukti pada bagian depan vila yang 60% propertinya bernuansa seni dan alami.

tiket-taman-botani-sukorambi-2444444

Vila Botani menyediakan dua kamar tidur dan ruang tamu serta kamar mandi yang dilengkapi dengan fasilitas air hangat. Sungguh sangat memanjakan bukan? Apalagi ketika pengunjung juga memanfaatkan fasilitas paket wisata Barbeque. Berminat untuk mencoba menginap di sana?

 

  • Area Camping dan Barbeque

Taman Botani Sukorambi juga menyediakan area Camping Ground yang digabungkan dengan beberapa paket wisata yang tersedia. Lalu area Barbeque yang dekat dengan fasilitas Pondok Gaharu. Pondok Gaharu merupakan fasilitas yang diberikan sebagai Ruang Meeting, Rapat, dan Pertemuan.

tiket-taman-botani-sukorambi-234554

 

  • Akses Kendaraan Wisata

Dua tahun lalu ketika berkunjung, saya masih mengingat ada beberapa akses kendaraan yang dibuat untuk berkeliling kawasan Taman Botani Sukrambi yaitu Kendaraan Motor Roda Tiga TOSSA. Alhamdulillah, Inovasi terbaru Taman Botani Sukorambi telah menyediakan kendaraan wisata eksklusif yaitu berupa Golf Cart yang dapat menemani para pengunjung tanpa kelelahan mengitari kawasan wisata yang luas.

tiket-taman-botani-sukorambi-594953

Harga sewa yang murah, dengan manfaat yang besar membuat fasilitas golf cart diminati banyak pengunjung, begitupun dengan saya.

 

  • Mushola

Bagi Pengunjung yang beragama Islam tidak perlu khawatir ketika akan menjalankan ibadah sholat ketika plesir di Taman Botani Sukorambi. Sepengetahuan kami terdapat 3 Mushola yang disediakan oleh tempat wisata ini.

Pertama, Mushola yang terletak di bagian depan dekat pintu parkir, yang berada di lantai dua. Mushola ini bersih dan tersedia tempat wudhu.

Kedua, Mushola khusus perempuan yang terdapat di Area Kolam renang, Bagi Muslimah tentu akan merasa aman ketika terdapat Mushola khusus perempuan ini.

Dan yang ketiga, Mushola unik dengan desain alami yang didominasi dengan bangunan dari bambu. Letak mushola ini berada di area Danau buatan, Tempat Outbound, serta dekat dengan kolam renang anak.

Ada fasilitas plusnya, terdapat Mukena dan Sarung untuk mempermudah melakukan ibadah dengan khusyuk. Deuh, adi tambah ingin segera plesir ke sana kan? Ya iyalah, Refreshing Jalan,  Ibadah pun on time, hati menjadi tenang. 🙂

 

 

BERMAIN, BELAJAR, & BEROLAHRAGA

Orang tua pasti menyadari bahwa generasi jaman sekarang terlalu sering dan lebih asyik untuk screen time atau hanya bermain dengan gadget-nya saja. Untuk itulah, Taman Botani Sukorambi  yang merupakan Taman Wisata Alam yang berkonsep bermain dan belajar, merupakan nilai plus tempat wisata ini. Nilai tambahan tersebut sangat dibutuhkan oleh para orang tua jaman now. Dan merupakan solusi alternatif agar anak beraktivitas di luar tanpa gadget dan membuat anak senang sekaligus tertarik.

Libur Lebaran merupakan momen tahunan yang dimanfaatkan orang tua untuk menjalin bonding dengan anak-anaknya. Jadi, pastinya kita tidak mau kan, acara tahunan ini hanya terjadi begitu saja tanpa kenangan berarti? Oleh karena itu saya akan memaparkan beberapa keunggulan Taman Botani Sukorambi, mengapa cocok dijadikan sebagai tempat tujuan wisata keluarga ketika libur Lebaran tiba. Lalu, Apa sajakah hal-hal yang harus dilakukan saat berkunjung ke Taman Botani Sukorambi?

  • Belajar Hidroponik

Kebun Edukasi Hidroponik merupakan sarana belajar di Taman Botani Sukorambi. Dengan jam operasional mulai pukul 08.00-09.00 dan Sore hari 15.00-16.00. Untuk memasuki kebun ini, kita tidak perlu membayar lagi tiket masuk, karena sudah termasuk dengan tiket Taman Botani Sukorambi. Di Kebun Edukasi Hidroponik saya belajar edukasi dasar tentang hidroponik mencakup, cara tanam, media tanam, pemeliharaan dan ketika panen. Kebun Hidroponik di Taman Botani Sukorambi sendiri memakai tiga macam instalasi tanam yang mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing seperti DFT, NFT serta vermiculture. Penjelasan oleh staf sangat rinci dan sabar menghadapi banyak pertanyaan dari saya. Sangat direkomendasikan untuk menambah edukasi anak agar mencintai sayuran 🙂

Jika ingin membeli oleh-oleh, Pengunjung pun bisa memanen dan memilih langsung sayuran yang ingin dibeli dan dibawa pulang. Setelah memilih dan memanen, sayur yang dibeli, dibersihkan, lalu ditimbang, dan di packaging/diberi label, tutur Staf Kebun Hidroponik. Ternyata selain untuk kebutuhan wisata edukasi, Kebun Hidroponik milik Taman Botani Sukorambi ini juga menyuplai berbagai macam sayuran yang ditanam seperti kangkung, Caisim, Kale, Selada Keriting, Siomak dan lain lain ke beberapa restoran yang ada di Kabupaten Jember.

Tenang saja, Kelebihan lain yang dimiliki Kebun Hidroponik adalah memakai pestisida dari tanaman yang ditanam sendiri oleh kebun edukasi hidrponik di taman botani sukorambi, jadi lebih aman untuk dikonsumsi. Oh iya, jangan lupa ya, hati-hati! jangan sampai memetik sayuran secara sengaja, karena memetik sama dengan membeli.

tiket-taman-botani-sukorambi

tiket-taman-botani-sukorambi-31
Bagian Depan Kebun Edukasi Hidroponik
tiket-taman-botani-sukorambi-3727472
Penjelasan oleh Staf Kebun Hidroponik
  • Bermain Bersama Kelinci

Bertajuk wahana Bunny & Friends Village, Pengunjung disuguhi area rumput dan pohon rimbun serta beberapa kandang kelinci di luar. Jalan setapak rapi dan sejuk juga mendukung pengunjung untuk berlama-lama menyaksikan Panggung Rabbit Show berada.

Banyak Kandang berjejer rapi berisi berbagai jenis kelinci ternak yang lucu dan menggemaskan. Papan informasi tentang kelinci sangat lengkap menjelaskan jenis kelinci yang berada di Taman Botani Sukorambi. Sekedar berfoto ria bersama kelinci menjadi daya tarik sendiri bagi Bunny & Friends Village.

  • Wisata Petik Buah dan melihat Koleksi Bunga

Wisata Petik Buah merupakan paket wisata yang ditawarkan oleh Taman Botani Sukorambi. Sayangnya, kali ini saya tidak dapat mencoba langsung memetik buah langsung dari pohonnya. karena di Area tersebut, kita harus mendapatkan ijin dari kantor pemasaran untuk menikmati paket ini.

tiket-taman-botani-sukorambi-31311

Terdapat Rumah Kaca yang dipenuhi tanaman bunga, letak rumah kaca ini terletak di dekat tempat parkir sepeda motor. Berbagai macam bunga tumbuh di rumah kaca ini. Dan beberapa koleksi flora di Taman Botani Sukorambi pun sudah dilengkapi dengan papan informasi jenis tanaman dan nama latinnya.

 

  • Melihat Koleksi dan Memberi Makan Hewan

Poin ini yang membuat saya bersemangat, Ya! saya pecinta hewan. Bagi keluarga yang ingin menikmati wisata bermain sekaligus melihat koleksi binatang. Taman Botani Sukorambi bisa menjadi pilihan utama.

tiket-taman-botani-sukorambi-43

Di dalam kawasan kita dapat melihat berbagai macam koleksi hewan mulai dari jenis burung seperti burung Merak, burung Jalak, dan unggas seperti Ayam Kalkun, Ayam Kate, Ayam Mutiara dan Angsa serta Bebek, serta berbagai macam mamalia seperti Kelinci, Rusa, Kijang, maupun Kuda.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir menyoal keselamatan dan kebersihan. Koleksi hewan tersebut aman di dalam kandang yang berasal dari kawat tebal, dan bersih. Kita dapat melihat koleksi hewan dengan tenang dan tidak terganggu dengan bau tidak sedap karena kotoran hewan.

  • Berenang

Selain Edukasi, Taman Botani Sukorambi menyediakan kolam renang untuk berenang dan bersenang-senang. Berenang merupakaan aktifitas yang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Berenang sendiri mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apalagi berenang juga merupakan olahraga yang dianjurkan oleh Rasullulloh Sholallohu’alaihi wassalam. Wah, enak banget ya?

taman-botani-sukorambi-3

 

Taman Botani Sukorambi juga totalitas memberi fasilitas kolam renang. Kolam renang di Taman Botani Sukorambi sendiri berjumlah enam buah dengan berbagai karakteristik masing-masing.

tiket-taman-botani-sukorambi-987654

Lagi-lagi, Saya takjub bagaimana Taman Botani Sukorambi mengemas area kolam menjadi aman dan nyaman bagi pengunjungnya. Terlihat banyak papan peringatan agar lebih mengutamakan keselamatan, terdapat banyak gazebo yang ditawarkan agar orang tua menjadi nyaman sekaligus selalu waspada akan aktivitas anak-anak yang sedang berenang. Yang terakhir, Staf Life Guard siap sedia untuk selalu mengawasi pengunjung yang sedang berenang.

tiket-taman-botani-sukorambi-234567

tiket-taman-botani-sukorambi-345678

Bagi pengunjung yang tidak membawa perelengkapan berenang, Taman Botani Sukorambi melayani penyewaan pelampung dan baju renang.

 

  • Berkuda

Taman Botani Sukorambi juga menawarkan jasa untuk mencoba berkuda dengan koleksi kuda yang ada di sini. dengan harga yang terjangkau kita dapat menikmati sensasi menunggang kuda. Hitung-hitung bisa merasakan olahraga berkuda dan juga beribadah, karena seperti yang kita tahu berkuda merupakan olahraga yang juga dianjurkan oleh Rasullulloh Sholallohu’alaihi wassalam. Asyiik!, mau mencoba?

tiket-taman-botani-sukorambi-4

 

  • Memancing Lobster Air tawar & Belajar Budidaya Ikan KOI

Sungguh, Nikmat Tuhan mana yang Engkau dustakan? Selain belajar hewan yang hidup di darat, Taman Botani Sukorambi menyajikan paket wisata memancing lobster air tawar. Wah!! Pastinya seru dan menyenangkan ya?

tiket-taman-botani-sukorambi-14

tiket-taman-botani-sukorambi-jjjj

Apalagi beberapa kolam ikan koi dibuat untuk memanjakan mata pengunjung. Ternyata Taman Botani Sukorambi pun membudidayakan ikan Koi sendiri. Budidaya tersebut berada di bagian belakang area dekat dengan Muslimah Private Area.

tiket-taman-botani-sukorambi-346576567567
Sumber Gambar (1) Dok Pribadi (2) tamanbotanisukorambi.com
  • Paket Outbound 

Paket Outbound ditawarkan kepada instansi, sekolah, organisasi maupun lembaga agar bisa menikmati keindahan kawasan Taman Botani Sukorambi serta melakukan outbound. Beberapa permainan yang ditawarkan bermacam-macam.

  1. Rafting
  2. Game
  3. Archery
  4. dan lain-lain sesuai keinginan dan kebutuhan pengunjung yang mengambil paket outbound

taman-botani-sukorambi-15

tiket-taman-botani-sukorambi-45677678

Ada beberapa juga permainan outbound yang dapat dinikmati oleh pengunjung umum, tanpa harus mengambil paket outbound seperti,

  1. Flying Fox Jungle
  2. Flying Fox Tombro
tiket-taman-botani-sukorambi379
Sumber: http://tamanbotanisukorambi.com/
  • Menyewa Muslimah Private Area (MPA)

Selama ini bagi saya, seorang muslimah yang suka berenang, akan tetapi kesulitan untuk melakukannya karena alasan keamanan, menjadi dimudahkan dengan adanya fasilitas dari Taman Botani Sukorambi ini. Area kolam renang indoor dan tertutup dan hanya penyewa yang memiliki akses kesana menjadi solusi bagi muslimah untuk menyalurkan hobi renang namun juga sekaligus menjaga kehormatan.

tiket-taman-botani-sukorambi-11

Muslimah Private Area dalam perkembangannya tidak hanya dikhususkan untuk pengunjung muslimah yang ingin berenang. Namun, Area ini juga disewakan untuk berbagai macam acara yang membutuhkan tempat yang tenang dan lebih pribadi.

tiket-taman-botani-sukorambi-234565666787

Di dalam Area indoor, terdapat kolam renang serta fasilitas kamar mandi dengan air panas. Taman Botani Sukorambi menjamin tidak ada gangguan dari luar. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah, meskipun ketika kita menyewa area indoor ini, kita harus tetap mematuhi aturan untuk tidak membawa narkoba dan minuman keras.

  • Mencoba Wisata Permainan Air

Ada berbagai macam permainan air yang disediakan di Taman Botani Sukorambi seperti:

tiket-taman-botani-sukorambi-7

  • Mengunjungi Horti Hut

Setelah lelah menikmati wahana edukasi dan permainan di Taman Botani Sukorambi. Saya bersama suami mengunjungi stand Horti Hut,  sebagai buah tangan berupa buah-buahan lokal dan beberapa bibit tanaman.

tiket-taman-botani-sukorambi-sdhfash

Buah yang dijual di Horti Hut beragam mulai dari durian, buah naga, srikaya, sirsak, pisang  Bibit tanaman yang siap dibawa pulang dan ditanam di rumah misalnya, Bibit durian, beberapa bibit Anggrek, dan lain-lain.

tiket-taman-botani-sukorambi-13

 

SEMUA UMUR & KALANGAN

Alasan selanjutnya mengapa Taman Botani Sukorambi dapat dipilih keluarga sebagai tujuan wisata saat Lebaran, yaitu destinasi wisata satu ini dapat dinikmati segala usia, baik anak-anak, remaja, bahkan orang tua.

Dari berbagai fasilitas dan wahana yang saya paparkan di atas terlihat bagaimana Taman Botani Sukorambi merangkul semua kalangan. Baik pengunjung yang butuh tempat refreshing, tempat gathering, tempat reuni, banhkan nongkrong bagi anak muda. atau mungkin ke depannya memfasilitasi tempat untuk pernikahan dengan konsep garden party? 😀

Baik kamu yang seorang Ibu Rumah Tangga yang suka arisan, Eksekutif muda, pegawai, Guru, Anak TK, SD, SMP, SMA hingga mahasiswa, Taman Botani Sukorambi sepertinya mudah untuk dijadikan pilihan utama sebagai sarana edukasi dan rekreasi.

 

 

FASILITAS KHUSUS UNTUK DIFABEL

Beberapa hari yang lalu saya membaca postingan salah satu Ibu dan blogger parenting Mbak Grace Melia, menceritakan bagaimana dia kesulitan untuk menemukan destinasi wisata ataupun restoran yang menyediakan Fasilitas buat difabel, bisa cek tulisannya di sini ya.

tiket-taman-botani-sukorambi-56465465675

Wow! alhamdulillah saya dengan bangga dapat mengatakan kalau di Kabupaten Jember ada fasilitas semacam toilet untuk kaum difabel. Dimana lagi kalau bukan di Taman Botani Sukorambi. Saya cukup apresiasi apa yang dilakukan oleh Manajemen Taman Botani Sukorambi, semacam ingin bilang,”Alhamdulillah, banyak teman-teman difabel yang juga dapat menikmati tempat wisata dan berbahagia tanpa perlu bersusah payah lagi memikirkan beberapa hal yang memang khusus dibutuhkan oleh mereka. Salah satunya toilet khusus difabel. love <3

 

SPOT SELFIE KEKINIAN

tiket-taman-botani-sukorambi-8

Tidak hanya Cafe hits yang mempunyai spot selfie keren. Taman Botani Sukorambi pun menyediakan beberapa spot selfie yang hits dan kekinian. Didukung dengan penataan eksterior yang apik dan rapi, mampu membuat setiap foto dari banyak angle pun terlihat ciamik. Dominasi suasana alam yang masih asri membuat tiap sudut Taman Botani Sukorambi sangat instagramable. Taman Botani Sukorambi juga menyediakan spot selfi foto masa kini yang hits.

tiket-taman-botani-sukorambi-42435

tiket-taman-botani-sukorambi-3251

KULINER KHAS YANG LEZAT NAN MURAH

Permasalahan yang dialami banyak wisatawan adalah soal kuliner di tempat wisata yang terkenal mahal. Bagaimana dengan Taman Botani Sukorambi? Apakah mengikuti arus mahalnya kuliner di dalam kawasan wisata? Saya jawab TENTU TIDAK! MasyaAlloh, saya bisa membuktikannya karena saya berkunjung langsung ke restoran Botani yang ada di kawasan Taman Botani Sukorambi.

tiket-taman-botani-sukorambi-9

Menu-menu yang dihadirkan pun tidak hanya menu standar seperi mi goreng/kuah, nasi goreng. Taman Botani Sukorambi menyediakan menu khas hasil ternak sendiri, apakah itu? Berbagai menu olahan daging kelinci. Menu olahan tersebut berupa sate, nugget, dan sosis menjadi menu khas tempat wisata ini.

tiket-taman-botani-sukorambi-2256789

Saya dan suami beruntung dapat mencicipi langsung Sate Kelinci yang diolah sangat baik. Sate Kelinci ini bertekstur  layaknya daging ayam kampung dengan serat seperti daging kambing. Ketika saya mengigit satu tusuk, lidah merasakan daging yang empuk berpadu dengan bumbu kacang gurih yang light dan tidak eneg, dan rasa manis khas kecap manis, disantap bersama dengan irisan cabe rawit serta acar mentimun lebih lezat. Next time, saya bakal balik untuk mencoba sosis dan nuggetnya.

Jadi, istilah ‘tidak perlu jajan di dalam kawasan wisata’ tidak berlaku di Taman Botani Sukorambi 🙂

 

RENCANAKAN!

Nah, dari penjelasan di atas? Setujukah kalian bahwa Taman Botani Sukorambi layak menjadi tujuan wisata ketika Libur Lebaran bersama keluarga. Dengan budget minimalis tapi fasilitas eksotis pastinya tidak akan mengecewakan banyak anggota keluarga, apalagi banyak pilihan sarana belajar dan wahana rekreasi yang menakjubkan.

tiket-taman-botani-sukorambi-pilihan

Sudah siap merencanakan liburan kesana? Kalau saya bakal berkunjung bersama keponakan lagi ke sana tahun ini insya Alloh, mengabarkan bahwa Taman Botani Sukorambi lebih, lebih MANTAAAP SURANTAAAP Masya Alloh! Kalau kamu? 🙂

tiket-murah-taman-botani-sukorambi9999
Lomba Blog Destinasi WIsata Jember

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan ke dalam #lombablog Destinasi Wisata Jember yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi, Blogger Jember Sueger, dan Dinas Pariwisata Jember

Referensi:
Dokumentasi Pribadi
http://tamanbotanisukorambi.com/
http://www.travelingjemberyuk.com/

 

Yuk, travelling lagi!

 

8 thoughts on “8 Alasan Memilih Taman Botani Sukorambi Jember Menjadi Destinasi Wisata Ketika Libur Lebaran bersama Keluarga

    1. pas makan jangan mikir kalo itu dari hewan kecil nanlucu hihihi.. tega ga tega seharusnya, tapi enak banget huhuu

      makasi ines, barokalloh

  1. Tahun 2016 pernah kesana. Benar, tujuan wisata ini cocok sekali untuk wisata keluarga.
    Saya jadi penasaran dengan pengembangan taman botani sekarang.

    1. sekarang lebih bagus om, masyaAlloh.. dan lebih tertata lagi, apalagi ada beberapa koleksi fauna baru, dan ada private area serta kolam renang privat indoor

  2. This is the real botanical garden. Tempatnya sangat natural. Pernah berkunjung kesana luas sekali tempatnya, saking luasnya sampai capek keliling2, medannya naik turun sangat seru. Bagi yang sudah capek atau usia lanjut juga bisa sewa mobil golf (klo jaman dlu masih tossa).

  3. beberapa bulan lalu, saya dan suami mengunjungi taman botani ini. Berdua aja sih, karena momentnya nemenin suami yg sedang bertugas di acara “PestaRakyat”. Di sana benar² tidak sesuai dg bayangan saya, bahwa Taman Botani identik dg tanaman² saja. Ternyata, wahananya buanyaaak sekali. Sayangnya, karena situasi sangat ramai pengunjung, jadi saya hanya menikmati sedikit dr bagian wahana yg disediakan. Semoga bisa ngelencer kesana lagi sambil bawa anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *