Masakan Rumahan Khas Ramadhan

Ngabuburit Ekonomis Ketika Ramadhan a la So Good Bersama Keluarga Tercinta

Masakan Rumah Khas Ramadhan selalu menjadi kenangan saat Bulan Suci tiba. Berbagai panganan khas Ramadhan akan terhidang di meja makan acap kali bedug maghrib akan tiba. Kebiasaan masyarakat Indonesia untuk menunggu momen berbuka puasa pun menjadi sesuatu yang sangat dinanti oleh setiap muslim. Kebiasaan yang sudah membaur dengan adat istiadat kaum muslimin di Indonesia yaitu ngabuburit. Ngabuburit sendiri merupakan kegiatan menunggu waktu berbuka puasa yang bertujuan untuk ‘melupakan’ sejenak lapar yang menjadi-jadi di kala waktu buka puasa tiba.

Ngabuburit sendiri menjadi kegiatan menarik khususnya bagi anak-anak yang masih dalam tahap belajar berpuasa. Versi ngabuburit mengalami berbagai macam pergeseran seiring berkembangnya jaman. Jika dahulu para orang tua memaknai suasana ngabuburit dengan berkeliling taman kota, ataupun mengikuti kultum di mushola terdekat. Bagi Kids Jaman Now, Ngabuburit sendiri dapat melakukan banyak hal, seperti bermain sosial media, game online, bahkan melakukan buka bersama bersama kolega, teman, yang disulap menjadi ajang reuni dadakan setiap tahun.

Wah, pastinya seru dan mengasyikkan ketika ngabuburit dengan bonus berbuka puasa di luar! Saya pun sering melakukan kegiatan ngabuburit dahulu. Akan tetapi, untuk Ramadhan tahun ini lebih berbeda.

masakan rumah khas ramadhan 222

Baca juga: 5 Alasan yang Bikin Betah di Desa

Setelah kepindahan saya di Kota Jember, otomatis ketika akan melakukan buka puasa sekaligus reuni bersama teman SD, SMP, maupun SMA akan menjadi sulit karena jarak yang jauh dari Kota Malang. Hal ini tidak membuat saya bersedih lantaran tidak dapat lagi melakukan buka puasa bersama teman-teman di Kota Asal.

Ramadhan tahun 2018 ini saya berkesempatan melakukan ngabuburit bareng temen rumpi yang saya kenal tiga tahun lalu, yaitu Mbak Fika.

Baca Juga: Menyimpan Kontak Mantan, Yay or Nay?

Sayangnya, karena suatu hal yaitu waktu dan budget yang makin membuat dompet menipis mendekati Hari Raya Ied 1439 H, Kami berdua memutuskan ngabuburit versi ekonomis. 😀 Ibu-ibu yang ingin bersenang-senang namun tidak banyak pengeluaran seiring dekat dengan Lebaran. Teteeeup.

Ngabuburit Ekonomis

Ngabuburit versi kami yaitu melakukan buka bersama di rumah. Kebetulan Buka bersama kali ini kami lakukan di rumah Mbak Fika. Kami berdua memutuskan untuk memasak menu yang akan kami dan keluarga santap ketika waktu berbuka tiba. So pasti lah yaa, daripada pada beli di luar dan tetap memikirkan harga makanan di luar yang semakin meroket tajam karena momen Ramadhan. Kalau ngomongin ngirit memang urursannya ibu-ibu yaa..

Momen Penuh Makna dan Doa

Hmm, bukan hanya soal budget juga. Keputusan kami berbuka bersama di rumah mbak Fika adalah untuk lebih sama-sama memaknai ramadhan kala itu yang akan berakhir beberapa hari lagi. Semakin mendekati hari raya, pastinya banyak restoran yang full reservasi serta ramai di penghujung adzan magrib. Hal ini juga yang melandasi kami untuk lebih berhati-hati dalam memilih restoran atau kunjungan kala ngabuburit. Ah. ya takutnya saya pribadi lebih banyak khilafnya. Ramadhan itu waktu tepat untuk memanen pahala, takutnya malah kalap fokus ngabuburit dan lupa buat memaknai doa ketika waktu berbuka tiba. Yang katanya, Waktu ijabahnya Doa.

Nyaman dan Aman

Alasan selanjutnya, karena faktor aman dan nyaman. Bagi Mbak Fika yang sudah memiliki putra. Pastinya lebih picky untuk memlilih tempat yang nyaman dan aman bagi buah hatinya, bukan? Apalagi ketika tantrum tiba. Ya Alloh, nggak nyaman kan pastinya. Jika dalam situasi di dalam restoran yang ramai, Putra mbak Fika mengalami kerewelan luar biasa. Bukan hanya keluarga Mbak Fika yang terganggu, akan tetapi pengunjung lain juga pastinya terganggu. Alih-alih ingin berbuka puasa malah menjadi suasana kurang menyenangkan.

Kualitas Silahturahim

Menambah kualitas silahturahim yang nyaman dan kondusif ya di Istana sendiri ya kan? Kalau Kata Om Ahmad Albar, Lebih baik di sini Rumah kita sendiri! Hehehe (pada nyanyi pastinya :D). Suasana yang mendukung menambah kualitas saling bertukar pikiran serta rasa. Kondisi yang seperti ini menambah kualitas silahturahim, apalagi di momen dimana kebaikan dinilai berlipat ganda.

Masakan Rumah Khas Ramadhan

Keunikan ngabuburit bareng Mbak Fika dan keluarga kecilnya, yaitu Kami memutuskan untuk memasak menu sederhana sendiri untuk keluarga tercinta. Yes, Judul ngabuburit kali ini ngirit seirit-iritnya kalau bisa. Tidak perlu delivery order ke restoran terdekat, ataupun menjadikan Mbak Fika kerepotan untuk menyiapakan menu buka bersama sendiri. Saya ikut membantu urun rembug pikiran serta tenaga untuk menyiapkan buka bersama kala itu. Kami berdua akan memasak Masakan rumah khas ramadhan bersama dan anak-anak bakal dijaga para suami sementara waktu. Hore Merdeka!

Namanya Ibu-ibu rempong, rencana jauh-jauh hari yang telah dipikirkan mataang-matang pun akhirnya tidak terlaksana juga. Tobat! Innalillahi! dan kemudian para suami kemrungsung. hehe. Resep-resep andalan yang kami diskusikan tiap malam via messenger. Nyatanya hanya percakapan semu yang jarang dilaksanakan. Hari H kami kelimpungan menyiapkan menu berbuka kala itu. Ibu Penjual sayur dekat rumah Mbak Fika sudah kehabisan bahan. Hanya tersedia beberapa bahan yang tidak kami lirik dan sukai.

Kami memutuskan mengeksekusi menu unik dan cepat saji siang itu. Kami menuju salah satu ritel waralaba yang dekat dengan rumah mbak Fika untuk membeli lauk siap masak yang kan menemani asupan karbohidrat ketika Berbuka Puasa tiba.

Baca Juga: Sinergi Alfamart bersama The Jannah Institute dan Bidadari Jember untuk Perkembangan UMKM Kota Jember

Setelah berdiskusi, Saya mengambil salah satu produk siap masak di dalam Frezeer milik So good. Apa itu? Yaitu So Good Premium Sausage Original. Saya mengucap syukur alhamdulillah, ada yang akan menemani kami berbuka puasa dengan puas hari ini. 🙂

 

MENGAPA MEMILIH SO GOOD?

TERJAMIN HALAL

Menjadi salah satu penyediaan makanan praktis terbesar di Indonesia, So Good menjamin kehalalan produk yang dijual. So good suah mengantongi sertifikat Halal MUI. Dan untuk tidak merisaukan pelanggan setianya, So Good mencantumkan logo sertifikat halal MUI di setiap produknya.

PRAKTIS

Kalau Ribet ya bukan Makanan Praktis! Bagi So good menghadirkan produk protein yang praktis bagi Indonesia adalah pilihan wajib. Dari produk yang saya gunakan untuk membuat Menu Khas Masakan Ramadhan pun terbilang sangat membantu! Bagaimana tidak label Fully cooked terpampang di Packaging yang ciamik membuat hati tak ketar ketir memasak cepat namun tetap istimewa. 🙂

KREATIF

Kekreatifan kita bakal diasah dengan hadirnya produk dari PT So good Indonesia ini. Meskipun Produk So Good Siap Masak cukup mudah untuk diolah dengan hanya digoreng, kukus, maupun panggang saja. Nyatanya Produk So good Siap Masak dapat diolah lagi lagi menjadi masakan rumah khas ramadhan  yang lepas dari imejnya sebagai makanan siap saji dan praktis. Seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu ketika ngabuburit bersama mbak Fika.

masakan rumah khas ramadhan 333

HARGA RELATIF STABIL

Jika harga makanan pokok, lauk yang dijual di pasar ta’jil akan meroket tajam karena memanfaatkan momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Nyatanya, Produk So Good mempunyai harga yang relatif stabil tidak mengikuti pergejolakan harga pasar yang memanfaatkan momen tertentu.

Memudahkan Mamah-mamah muda pengawas keuangan keluarga menjadi manajer andalan untuk memasak menu masakan khas ramadhan yang enak, terlihat mahal namun tidak merogoh kocek terlalu banyak.

MUTU dan KUALITAS TERJAMIN

Mutu dan Kualitas nomor wahid karena merupakan jaminan mutu dari So Good Food untuk menjamin kualitas produk So Good dari bahan-bahan terbaik.

BERGIZI TINGGI & RASA ENAK DAN NIKMAT

So good menyajikan produk berprotein tinggi dan berkualitas menjadi visi dan misi so Good untuk menyediakan makanan berprotein tinggi ke seluruh negeri.

MUDAH DIDAPATKAN

Baik Pagi, Siang, Sore, bahkan tengah malam! Produk So Good banyak tersediah nangkring manjah di sudut freezer di ritel modern, minimarket, serta supermarket di seluruh Indonesia. Mudah bukan?

 

RESEP KREASI:

NASI KEBULI SOSIS VERSI RICE COOKER A LA SO GOOD

Dari sekian banyak resep yang kami rencanakan, Malah resep dari suami saya yang paling tokcer untuk dieksekusi. Sebagai penyuka makanan berbau Arab, Betawi serta berbau tajam rempah-rempah suami selalu meminta saya untuk mencoba memasak panagan khas peranakan Arab dan Betawi ini. Yasudahlaaa… langsung saja.

Oh iya, Kami memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di lemari pendingin Mbak Fika, termasuk sisa So Good Ayam Potong Paha & Dada yang Mbak Fika pakai buat merayakan hari Kartini Mei lalu.

masakan rumah khas ramadhan 4224

Bahan:

5 Potong So Good Premium Sausage Original

3 Potong So Good Ayam Potong Paha & Dada

500 Gram Beras, Cuci Bersih Tiriskan

Air

 

Bumbu dihaluskan:

8 Butir Bawang Merah

3 Butir Bawang Putih

1/2 sdt Bubuk Pala

1 ruas jahe, digeprek

1/2 sdt Ketumbar bubuk

1 sdt merica bubuk

1/2 sdt jintan, sangrai

2 sdm Kecap Manis

2 sdm Oregano

 

Bumbu lainnya

1 batang kayu manis

1 batang serai

5 butir cengkeh

garam secukupnya

Kaldu bubuk

Bumbu Kare Instan

Santan Kental Instan

Pelengkap:

Bawang Goreng

Seledri

Tomat

Kurma

 

Cara Membuat:

Rebus Ayam bersama bumbu yang telah dihaluskan, Angkat Ayam setelah matang.

Masukkan Beras ke dalam Rice Cooker, dan tuangkan Air Kaldu ayam bersama bumbu yang telah dihaluskan.

Masak Hingga Nasi Kebuli Matang

Siapkan Kecap Manis, Bubuk Oregano, Lada, Garam dan campurkan menjadi satu.

Sayat Potongan So good Premium Sausages Original agar bumbu kecap.

Lumuri So good Premium Sausages Original dengan bumbu kecap manis

Panggang di atas teflon hingga matang.

Sajikan bersama Nasi Kebuli, Potongan Tomat, Kurma dan taburan bawang goreng serta seledri.

Ternyata, Mudah Bukan menyajikan kreasi masakan rumah khas ramadhan yang murah meriah, tanpa harus rela mengantri di resto ternama? diselingi dengan indahnya silahturahim yang tetap terjaga? Ibadah tidak terganggu, lancar jaya sentosa?, alhamdulillah. Semoga dapat menikmati kembali ramadhan tahun depan dengan lebih irit dan makanan lezat yang tersaji mudah dan cepat. 🙂

 

Dapur Martabak Bunder

Love,

 

7 thoughts on “Ngabuburit Ekonomis Ketika Ramadhan a la So Good Bersama Keluarga Tercinta

  1. Memang memasak dengan produk benar-benar sangat mudah, praktis dan tentunya sesuai dengan selera keluarga. Jadi gak perlu kuatir untuk memasak kesehariannya. Selain mudah dan enak, produk-produk so good juga gampaaang banget dikreasikan menjadi menu-menu yang menarik. Sehingga, suami dan anak saya semakin lahap untuk makan masakan rumahan. Terimakasih So Good. 😊👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *